Magelang

Magelang memang masih sering dianggap sebagai add-on sewaktu berlibur ke Yogyakarta. Padahal tempat ini menyimpan banyak tempat menawan yang sebenarnya sulit dicari tandingannya. Ada peninggalan bersejarah, telaga dengan air sebening kristal, gunung tinggi dan hijau yang “bertebaran” hingga balai-balai ekonomi desa dengan citarasa dan keunikan masing-masing.

Cara ke Magelang:

Melalui udara: Pintu masuk kota Magelang melalui udara adalah Bandar Udara Adisutjipto di Yogyakarta (48km), Bandar Udara Adisumarmo di Surakarta (69km), dan Bandar Udara Ahmad Yani di Semarang (86km). Ketiga bandara ini terhubung dengan berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Denpasar, Bandung, Makassar, Surabaya, dan berbagai kota lain, serta Singapura dan Kuala Lumpur. Ketiga bandar udara ini dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari Magelang.

Melalui darat: Dari Jakarta melalui jalur Pantura, perjalanan ke Magelang memakan waktu sekitar 9 – 12 jam, sedangkan dari Surabaya waktu tempuhnya sekitar 7 – 9 jam. Pilihan jalur darat lainnya adalah dengan kereta api melalui Yogyakarta lalu dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Magelang. Stasiun Tugu di Yogyakarta melayani kereta api tujuan Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Malang.